Diposkan pada Berita, Ilmu Pengetahuan Alam

Gempa

gempa-taiwan_01

Gempa besar di kota Taiwan

Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik.

Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik. Gempa Bumi biasa disebabkan oleh pergerakan kerak Bumi (lempeng Bumi). Frekuensi suatu wilayah, mengacu pada jenis dan ukuran gempa Bumi yang di alami selama periode waktu. Gempa Bumi diukur dengan menggunakan alat Seismometer. Moment magnitudo adalah skala yang paling umum di mana gempa Bumi terjadi untuk seluruh dunia. Skala Rickter adalah skala yang di laporkan oleh observatorium seismologi nasional yang di ukur pada skala besarnya lokal 5 magnitude. kedua skala yang sama selama rentang angka mereka valid. gempa 3 magnitude atau lebih sebagian besar hampir tidak terlihat dan besar nya 7 lebih berpotensi menyebabkan kerusakan serius di daerah yang luas, tergantung pada kedalaman gempa. Gempa Bumi terbesar bersejarah besarnya telah lebih dari 9, meskipun tidak ada batasan besarnya. Gempa Bumi besar terakhir besarnya 9,0 atau lebih besar adalah 9,0 magnitudo gempa di Jepang pada tahun 2011 (per Maret 2011), dan itu adalah gempa Jepang terbesar sejak pencatatan dimulai. Intensitas getaran diukur pada modifikasi Skala Mercalli.

Gempa Bumi besar terakhir besarnya 9,0 atau lebih besar adalah 9,0 magnitudo gempa di Jepang pada tahun 2011 (per Maret 2011), dan itu adalah gempa Jepang terbesar sejak pencatatan dimulai. Intensitas getaran diukur pada modifikasi Skala Mercalli.

Gempa terdasyat yang pernah terjadi di muka bumi, gempa ini tak lagi di hitung dengan SR atau Skala Richter/hitungan untuk kekuatan gempa, melainkan dengan menggunakan hitungan MSR (Mega Skala Richter, 1 MSR = 10 ++ SR).Kejadian gempa terdahsyat yang pernah terjadi : 

1. Teluk Yucatan Meksiko 

Gempa Tubrukan Pertama dan terbesar dalam sejarah Muka bumi. Tubrukan meteor ini mengakibatkan gempa sekitar 37 ++ MSR , dan mengakibatkan Efek gempa berantai di seluruh dunia. Para ahli berpendapat ” andai saja kejadian itu terjadi pd jaman modern sekarang maka sekitar 78 % populasi dunia akan musnah”.

Efek yg di tinggalkan adalah Musnahnya Jaman dinosaurus, Terbentuk nya benua2, aktifnya kembali beberapa gunung api yang semua telah mati. Terjadinya gempa tektonik di seluruh dunia dengan kekuatan sekitar 9 SR – 5 MSR .

2 . Indonesia , Sumatera Utara , Gunung Toba

Gempa Runtuhan terbesar dlm sejarah muka bumi terjadi di sumatera utara yg terjadi sekitar 450.000 tahun yg lalu . Gempa Runtuhan terjadi karena aktipitas tektonik yg tak stabil di wilayah ini , yg mengakibatkan tersisanya lubang besar di bawah permukaan Bumi . dan karena tanah di permukaan tak sanggup menopang ” lubang besar” tersebut menyebabkan tanah2 di sekitar wilayah tersebut amblas , dan menyebabkan gempa hebat antara 7-9 MSR.

Efek yg di timbulkan adalah :  Terjadinya danau toba . Para ahli berpendapat kalau dulunya sumatera merupakan dataran tinggi , dan danau toba terjadi akibat gempa runtuhan , yg kemudian terjadu hujan terus menerus , dan akibat ” runtuhan ” itu air tak bisa terserap , dan kemudian terjadilah danau , ini terlihat dr struktur danau , dan di perkirakan kalau pulau toba merupakan 1 kesatuan bukit yg selamat dr area ” runtuhan ”

3. Jepang 

Gempa tektonik terkuat dlm sejarah muka bumi terjadi di jepang , Gempa yg berkekuatan antara 6-8 MSR terjadi di wilayah laut lepas jepang . Terjadi kira2 334 . 000 thn yg lalu. Efek yg di timbulkan adalah Membuat jepang menjadi negara kepulauan , dan melahirkan sebuah gunung yg kemudian dikenal dgn gunung fuji .

4. Atlantis 

Gempa Vulkanis Terkuat dgn kekuatan sekitar 5-7 MSR . gempa yg terjadi di tengah2 samudera pasifik ini terjadi sekitar 679.000 thn yg lalu. Efek yg di timbulkan adalah menimbulkan megatsunami yg menenggelamkan pulau di sekitar nya , bahkan legenda benua atlantis yg hilang ber asal dr kejadian ini . Mengaktipkan gunung2 api yg semula mati kembali aktip kembali di seluruh dunia .

5. Kanada 

Gempa yg di akibatkan karena Kombinasi antara Kejadian Vulkanis dan Tektonik yg terjadi secara bersamaan. Gempa dgn kekuatan dgn skala 2-4 MSR ini terjadi kira2 280.000 tahun yg lalu. Efek yg di timbulkan adalah membuat Kanada menjadi negara yg penuh pegunung2an yg tinggi setelah New Zealand

6 . Chili 

Gempa tektonik ke 2 terbesar dlm sejarah muka bumi yg terjadi di jaman modern . gempa ini walau di bawah 1 MSR namun ini merupakan gempa terkuat di zaman modern , kekuatan gempa 9 – 9,6 SR. Gempa ini terjadi kira2 pd tahun 1960 an. Efek yg di timbulkan adalah Bencana stunami terjadi, membinasakan pantai Chile sebelum akhirnya melewati Pasifik dan meluluhlantakan Hawaii. Lebih dari 6,800 tewas dan kerugian materiil ditaksir sebesar $775 juta.

7. Jawa – Sumatera Indonesia 

Gempa Vulkanik  yang diakibatkan oleh meletusnya gunung krakatau di selat sunda. Kekuatan gempa ini antara 9 – 9.4 SR. Gempa ini pun terasa sampai Australia, Jepang, Kamboja dan 300 mil di luar wilayah episetrum. Gempa ini terjadi kira pd tahun 1888-an. Efek yg di timbulkan adalah Bencana Tsunami yg meluluhlantakan banten dan lampung, menenggelamkan pulau di sekitar ledakan dan memusnahkan gunung itu sendiri. Sekaligus menelan korban jiwa 38.000 orang.

8 . Alaska 

Gempa paling dahsyat dalam sejarah Amerika menyerang selat Prince William selama tiga menit dengan kekuatan 9- 9.2 SR. Gempa ini terjadi pada tahun 1960. Efek yg di timbulkan adalah tdk terlalu berarti hanya menutup negara ini selama 2 bulan.

9. Sumatera, Aceh, Indonesia dan beberapa negara lainnya 

Gempa tektonik terkuat yg terjadi di antara samudera pasifik dan samudera indonesia . Kekuatan gempa ini 8,9 – 9,1 SR , merupakan gempa terkuat di zaman moderen, karena kuatnya gempa ini terasa di seluruh benua india. Gempa ini terjadi pada akhir Desember 2004. Efek yg di timbulkan adalah terjadinya tsunami yg meluluh lantakan daerah Aceh, India, Kamboja, bahkan sampai Miami . dgn korban jiwa sekitar 300.000 dgn korban terbanyak berada di indonesia sekitar 210.000 an. Jutaan orang mengungsi. Puluhan ribu lainnya hilang dan membuat para ilmuwan beramai2 datang ke Indonesia untuk mempelajari keadaan geografis Indonesia, karena begitu sering nya terjadi gempa besar di indonesia .

10. Amerika Wilayah Arizona 

Gempa Tekonik di luar arizona ini menyebabkan gempa hebat di wilayah amerika . kekuatan gempa antara 8 – 8,5 SR . gempa ini terjadi pd tahun 1811. Efek yg di timbulkan adalah Gempa sekitar skala 8-8,5 mengguncang missouri 200 tahun lalu. Goncangan menyebar begitu jauh menyebabkan bel gereja di Boston berdentang, lebih dari 500km dari Missouri. Korban jiwa mencapai 50.000

Definisi oleh Wikipedia Bahasa Indonesia – id.wikipedia.org

Gambar oleh Rappler – rappler.com

Data gempa oleh KF Bumi & Alam Semesta Facebook – facebook.com/notes/kf-bumi-alam-semesta/

Iklan

Penulis:

The nerd with glasses who use his laptop in class all day long

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s